Cijeruk, Pakuan Pos – Untuk memperlancar roda perekonomian masyarakatnya, pemerintah Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, membangun jalan desa di dua wilayahnya. Menurut kepala desa, peningkatan infrastruktur jalan itu juga sebagai upaya dalam mengoptmalkan potensi di wilayahnya.

“Desa kami memiliki banyak potensi di setiap wilayah. Sehingga perlu dilakukan berbagai langkah untuk mendukung optimalisasinya. Salah satunya memperlancar mobilisasi masyarakat dengan meningkatkan infrastruktur jalan desa”, ujar Kades Sukaharja, Ujang Suhendra, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Ujang mengungkapkan rasa syukur karena niatanya dalam memperlancar roda perekonomian masyarakat itu didukung oleh pemerintah daerah, yang mengucurkan dana bantuan melalui program Samisade tahun 2021 yang telah dilaunching pada selasa (02/08/2021).

“Alhamdulillah, tahun ini kami mendapat bantuan stimulus dari ibu bupati sebesar 915 juta rupiah, yang kami gunakan untuk pembangunan jalan desa di kampung Pasir Tengah dan di Kampung Ciconggang. Terimakasih untuk bupati dan harapan kami dengan akses jalan yang lebih baik dapat memperlancar masyarakat baik di sisi ekonomi, sosial, pendidikan maupun kesehatanya”, ungkap kades.

Lebih spesifik Sekdes Sukaharja Jajat Sudrajat, didampingi Kaur Perencanaan Desa Moch Satori menjelaskan, peningkatan Betonisasi jalan di Kampung Pasir Tengah RT 04 RW 04 yang saat ini sedang berjalan memiliki volume panjang 790 meter x lebar 3 meter x tinggi 0,15 meter. Pekerjaan meliputi penambahan luas jalan, pengerasan dan betonisasi.

“Karena akses jalan menuju lokasi sangat sulit dilalui kendaraan besar, pengecoran kami lakukan secara manual. Dengan cara itu memungkinkan bagi kami untuk dapat memberdayakan tenaga kerja dari masyarakat dengan jumlah yang banyak”, kata Sekdes.

Kaur Perencanaan Desa Sukaharja Moch Satori menambahkan, pada tahap kedua pembangunan jalan akan dilaksanakan di Kampung Ciconggang RT 2 RW 7 dengan volume pekerjaan panjang 542 meter x 2,5 meter x 0,15 meter.

“Tahap pertama ini pekerjaan dilaksanakan secara bersamaan. Kami targetkan progres pekerjaan ditahap ini dapat mencapai 40 persen”, tandasnya. (Raden)