Cijeruk, Pakuan Pos – Sarana infrastruktur jalan yang refresentatif merupakan salah satu faktor pendukung dalam melancarkan roda perekonomian masyarakat. Hal itu menjadi salah satu point yang mendasari Pemerintah Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, untuk melaksanakan pembangunan di tahun ini.

Dijumpai di ruang kerjanya, Kades Cibalung Rusyadi mengatakan, saat ini pemerintahnya tengah melaksanakan peningkatan jalan di dua wilayah. Pembangunan itu meliputi betonisasi jalan dan pengaspalan yang dipimpin oleh TPK desa, dengan melibatkan semua unsur masyarakat secara swadaya.

“Pembangunan kami bagi menjadi dua tahap. Pertama, betonisasi jalan desa dengan total volume 473 m di Kampung Jonggol RT 01 RW 04 sampai Kampung Muara Cideung RT 02 dan 03 RW 04. Yang kedua dibagi dua tahap juga, pekerjaan pengaspalan jalan desa sepanjang 850 m di Kampung Cibalung RW 02 dan 3 sampai Kampung Jonggol RW 04”, jelas Rusyadi, Selasa (27/07/2021).

Pembangunan jalan tersebut, lanjut Rusyadi, merupakan realiasisasi dari bantuan stimulus Bupati Bogor Ade Munawaroh (Yasin), melalui Program Samisade Tahun Anggaran (TA) 2021. Diharapkanya, dengan infrastruktur jalan yang lebih baik dapat mendokrak kelancaran laju mobilisasi masyarakat dari sisi ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.

Sementara itu, Wahyudin selaku ketua TPK Cibalung mengatakan, pelaksanaan pembangunan melibatkan masyarakat, mulai dari personal maupun kelembagaan.

“Sebagai bentuk kebersamaan, dalam pelaksanaan pembangunan kami selaku TPK melibatkan swadaya masyarakat, Bpd, Lpm, RT dan RW, dengan menerapkan tehnis penjadwalan secara berkala. Untuk masyarakat, kami prioritaskan menyerap tenaga kerja dari warga sekitar secara bergantian dan selebihnya dari luar wilayah lokasi, agar padat karyanya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat umum”, tandas Wahyu. (Raden)