Tajur, Pakuan pos – Tidak adanya sistem irigasi di area proyek mall Boxiest 123 yang tengah dalam pengerjaan mengakibatkan dinding turap pembatas menimpa rumah warga Kampung. Sukajaya, RT 01/04, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur.

Akibatnya, sebanyak 2 rumah rusak parah, dan 6 lainnya mengalami kerusakan ringan. Selain itu, 4 orang dilaporkan mengalami luka akibat tertimpa material bangunan. Parahnya lagi, banjir lumpur juga menutup akses jalan penghubung dua kampung di wilayah tersebut.

Agung, warga setempat yang terkena dampak, menuturkan kejadian tersebut berawal saat hujan deras yang mengguyur Kota Bogor sejak, Sabtu 12 Oktober 2019 sore. Minimnya, sistem irigasi membuat fondasi turap tak mampu menahan lumpur yang tergerus hujan selama lebih dari dua jam.

“Jadi mall ini, ngga ada sistem pembuangan airnya, pas hujan, tanah kebawa air. Dinding turap jebol karena ngga bisa nahan,” tuturnya.

Ketua RW setempat, Bakroni mengatakan warga yang terdampak untuk sementara dievakuasi ke kediamannya. Seluruh kerusakan dan kerugian yang dialami warga ditanggung pihak proyek.

“Korban yang tertimbun langsung dilarikan ke rumah sakit, mereka mengalami luka ringan. Warga lain yang rumahnya rusak dievakuasi sementara. Sudah ada komitmen untuk diganti rugi katanya tapi belum realisasi,” pungkasnya. (*)