Digerus Jaman, Tanjidor Musik Tradisional Yang Kian Terpinggirkan

0
429

Bogor, News Warta Publik-Tanjidor salah satu musik tradisional Jawa Barat tampaknya harus berjuang mempertahankan keberadaannya dari perkembangan Jaman. Biasanya alat musik tradisional Tanjidor sebagai pengisi sebuah moment budaya, tapi belakangan tidak lagi terlihat.

Tanjidor merupakan alat musik tradisional yang dimainkan oleh sekelompok seniman untuk meng-iringi pelantun yang biasa dikenal dengan ‘ Sinden ‘. Masyarakat Jawa Barat sudah tidak asing lagi dengan kesenian ‘ Tanjidor ‘ yang terdiri dari gamelan, rebab, gong, gendang dan perpaduan terompet serta flute yang dimainkan secara tradisional.

Para pelaku seni ini umumnya dari kalangan tua, seperti kelompok ‘ Tanjidor ‘ dari lingkung seni Wargarahayu saat melakukan pertunjukan untuk lingkup acara pernikahan di Desa Kemang Parung Bogor, Minggu 2/9/2018.

Kami belum sempat untuk bertanya kepada salah satu pemain dan juga pimpinan lingkung seni tersebut karena mereka asik memainkan musik mengiringi ‘ pesinden ‘.

Uniknya pemain musik memang dari kaum tua sesuai dengan tradisi kesenian ‘ Tanjidor ‘ yang dikenal oleh kaum tua.

Sangat disayangkan kalau kesenian ini tidak ada kaum muda yang mewarisi kebudayaan ‘ Tanjidor ‘ yang keberadaannya mulai terkikis ditelan jaman. [ Red ]

 

Reporter by : UG DANI
News Warta Publik