Sukabumi, Pakuan pos – Desa Sukamaju Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Kehidupan warga masyarakat desa yang nyaman serta situasi alam yang asri dan mata pencaharian warga masyarakat yang tertata sesuai bidangnya hal ini akan membawa banyak perubahan positive pada perkembangan dan kemajuan suatu desa itu sendiri.

Dedih Supandi, selaku Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cimanggu, terus berupaya untuk mewujudkan harapan warga masyarakatnya, karena menurutnya harapan warga masyarakat Desa Sukamaju adalah tentu harapan bersama untuk mewujudkan Desa Tumaninah Alam Genah Pakasaban Merenah Warga Someah Urang Sadayana Berkah (desa nyaman, alam asri, mata pencaharian aman, warga bersahaja, kita semua berkah).

“Kami dari Pemdes Sukamaju Kecamatan Cimanggu tentunya akan terus berjalan bersama warga masyarakat untuk sebuah kemajuan dan kesejahteraan desa kami ini, apa yang dicita-citakan warga masyarakat adalah keinginan bersama pastinya dalam membangun desa ini,” Ungkap Dedih Supandi Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cimanggu. Selasa, (11/8/2020).

Dedih meyakini, jika potensi desanya di maksimalkan dari pertanian, peternakan, perkebunan, dan lain sebagainya, ini akan memberikan perubahan-perubahan yang signifikan dalam mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat desanya.

“Saat ini, kami lagi terus melakukan musyawarah dengan berbagai pihak agar bisa mewujudkan atau membangun sumber irigasi buat kelangsungan kehidupan pertanian di desa ini,” imbuhnya.

Masih kata Dedih Supendi, jika potensi di wilayahnya ini di gali dan dioptimalkan, seperti dibangunnya waduk atau penampungan air berskala besar, gak tanggung-tanggung waduk tersebut bisa mengairi irigasi ketiga kecamatan di sekitarnya.

“Seperti yang saya sampaikan kemarin, potensi itu ada, selain berfungsi untuk waduk sebagai sumber irigasi juga bisa dijadikan destinasi wisata, bisa juga buat paralayang, wisata kebun atau Agro, bahkan ada wisata ternaknya juga seperti kambing dan sapi, atau bisa dijadikan listrik bertenaga hidro, juga bisa jadi PAM desa. ini potensi luar biasa,” bebernya.

Dedih Supandi juga berharap, dari konsultan baik daerah atau dinas pertanian maupun provinsi dan pusat, bisa meninjau dan turun langsung untuk cek lokasi disini, pasti akan terkuak sejauh mana potensi yang bisa dikembangkan.

“Kami berharap Dinas Pertanian Sukabumi, terjun ke lokasi, dimana lokasi tersebut rencananya sesuai harapan warga masyarakat bisa di bangun waduk sebagai sumber irigasi, selain bisa mengairi desa kami, juga bisa mengairi sekaligus tiga kecamatan diwilayah ini,” jelas Dedih Supandi.

Dedih Supandi juga menyadari, membangun waduk berskala besar adalah bukan hal yang mudah, namun segala sesuatu akan jadi mudah jika kita optimis dan pantang menyerah.

“Kalau bukan warga masyarakat desa, siapa lagi yang akan memajukan desanya, maka dari itu, warga masyarakat desa sangat berharap sekali rencana ini bisa di respon baik oleh pemda atau pemerintah pusat. Geopark tambah semerbak jika waduk ini dibangun, semoga ada respon baik dari berbagai pihak untuk peningkatan kesejahteraan warga masyarakat dan tentunya peningkatan PAD atau pendapatan asli daerah kedepannya,” pungkas Dedih Supendi selaku Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Cimanggu. (Deva)