Cigombong, Pakuan Pos – Sebagai salah satu desa dari 8 desa dan 2 kelurahan yang ditunjuk sebagai Pilot Project Desa Bersih Dari Narkoba (Bersinar), Desa Srogol mulai melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan menggelar forum sosialisasi, musyawarah dan diskusi tingkat desa.

Sosialisasi mengenai Pilot Project Desa dan Kelurahan Bersinar dilaksanakan di aula kantor Desa Srogol, Kamis (19/08/2021). Materi disampaikan narasumber dari BNN, Bakesbangpol, Dpmd Kabupaten Bogor serta Kepala Desa (Kades). Diikuti oleh Bpd, Lpm, Karang Taruna, Kader PKK dan Posyandu serta Ketua RT dan RW Desa Srogol.

“Sebenarnya running efektif berjalanya program Desa dan Kelurahan Bersih dari Narkoba itu tahun 2022 mendatang. Saat ini kami lebih kepada sebagai fasilitator dalam mempersiapkan jalanya progam. Kedepan Desa Srogol dihimbau untuk menjadi desa mandiri sebagai desa Bersinar baik secara tehnik maupun penganggaran”, papar Kades Srogol Asep Irwan Kuswara yang lebih akrab disapa Kang Ucha itu.

Terkait anggaran, lanjut Kang Ucha, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dpmd dan mendapat arahan bahwa pembiayaan untuk pelaksanaan program bisa disisipkan pada setiap kegiatan Karang Taruna, PKK, Posyandu, atau kegiatan lain yang sifatnya kegiatan sosial.

“Jadi melalui media kegiatan RT, RW, PKK, Posyandu dan Karang Taruna, untuk mensosialisasikan bahwa Desa Srogol harus Bersih dari Narkoba”, tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, penetapan 8 desa dan 2 kelurahan di Kabupaten Bogor sebagai Pilot Project Desa dan Kelurahan Bersinar merupakan kesepakatan antara BNN Kabupaten Bogor dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, yang disampaikan dalam rapat kerja program pemberdayaan masyarakat di lingkungan masyarakat yang dilaksanakan di Hotel Lorin, Sentul 29/03/2021 lalu. Rapat kerja itu merupakan langkah awal dalam pembentukan desa dan kelurahan Bersinar, seperti yang disampaikan Plt Kepala BNN Kabupaten Bogor, Wulyanto Sugiri dalam sambutanya dalam rapat kerja tersebut.

Adapun desa dan kelurahan yang ditunjuk sebagai pilot project yakni Desa Srogol, Desa Sentul, Desa Cilebut Barat, Desa Semplak, Desa Kranggan, Desa Tlajung Udik, Desa Pasir Muncang, Desa Tarikolot, Kelurahan Harapan Jaya, dan Kelurahan Nanggewer. (Raden)