Bogor, Pakuan pos – Berkembangnya Ekonomi pedesaan, bisa menjadi tolak ukur bagi perkembangan perekonomian nasional. Meningkatnya daya beli masyarakat berbanding lurus dengan penghasilannya.

Sadar akan hal tersebut, Pemerintah desa (Pemdes) Batulayang berupaya menggali potensi yang ada di wilayahnya. Usaha budidaya burung puyuh pun menjadi salah satu sektor usaha yang bisa dikembangkan.

Saat ini sudah banyak warga Batulayang yang menjadi pelaku usaha tersebut, salah satunya adalah Maksum (40), ia beserta beberapa rekannya sudah menekuni usaha tersebut sejak setahun yang lalu.

“Kalau untuk pemasaran telur puyuh tidak ada kendala, bahkan permintaan terus meningkat. Hanya saja untuk memenuhi kebutuhan pasar agak sulit, sebab kami terbentur oleh sedikitnya jumlah burung puyuh yang diternakan, karena modal kami pas – pasan,” ujar Maksum. Rabu, (24/7/2019).

Kendala lain yang dihadapi para peternak. Lanjut Maksum, adalah faktor cuaca. “kalau saat ini kendala hanya perubahan cuaca aja, siangnya terlalu panas, dan malamnya terlalu dingin,
jadi puyuh gampang stres,” kata dia.

Kepala desa Batulayang Muhamad Ridwan menyampaikan, usaha ternak burung puyuh akan menjadi prioritas dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa Batulayang. Nantinya akan masuk ke ranah bumdes.

“Tentunya sektor permodalan kami fikirkan, bagaimana upaya kami agar para peternak burung puyuh bisa berkembang usahanya, sehingga menjadikan desa Batulayang sebagai central kebutuhan akan telur puyuh,” pungkasnya. (Abdan)