Caringin, Pakuan pos – Pemerintah Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat, melaksanakan pembangunan jembatan lintas kampung. Pembangunan jembatan dilaksanakan di wilayah rt 5 rw 4, dengan volume panjang 5 meter, lebar 3 meter dan tinggi 3 meter.

Ridwan, Ketua rw 05 Kampung Loji, menjelaskan, jembatan dibangun melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), dengan sumber dana dari pencairan Dana Desa (DD) tahap 1, tahun anggaran 2020. Pembangunan jembatan itu menelan biaya sebesar 41.500.000 rupiah.

“Pembangunan jembatan melibatkan lima orang tenaga ahli. Sisa pekerjanya dari swadaya masyarakat sekitar. Dengan adanya jembatan yang lebih bagus diharapkan dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat di dua wilayah kami”, jelasnya kepada awak media, (23/6).

Apip, ketua rt 05 menambahkan, antusias masyarakat setempat dalam pelaksanaan pembangunan jembatan patut diacungi jempol. Karena dengan sukarela mereka bergotongroyong secara bergantian.

“Warga kbergantian ikut membantu pembangunan sebanyak 10 orang. Mereka bekerja tiap hari secara bergantian. Insha Allah pembangunan akan selesai minggu depan”, tambahnya.

Sementara itu, Badan Pembina Desa Tangkil, Serda Komardin memberi apresiasi kepada semua lapisan masyarakat dan unsur pemerintah desa yang telah sukses dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur jembatan di wilayahnya.

“Kebersamaan antara unsur pemerintah desa, bpd, lpm, kadus, rt, rw dan warga kampung loji ini memang harus diacungi jempol, karena kekompakan mereka sehingga pembangunan jembatan dapat terwujud”, tandasnya. (Benz)