Bogor, Pakuan Pos – Program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke-112 Kodim 0621/Kab Bogor Tahun 2021 telah resmi dimulai beberapa hari lalu. Dan dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut maka Brigjen TNI Tatang Subarna selaku Kadispenad (Kepala Dinas Perangan Angkatan Darat) dengan didampingi oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M., Dandim 0621/Kab Bogor Letkol Inf Sukur Hermanto, mengunjungi lokasi pelaksanaan TMMD sekaligus meninjau pengerjaan program TMMD tersebut. Kamis (30/9).

Kadispenad beserta rombongan memantau pengerjaan jalan yang menjadi sasaran fisik program TMMD, dimana pengerjaan jalan meliputi pelebaran jalan pengerasan jalan pembuatan gorong air dan pembuatan culvert box sepanjang 2,450 km dan lebar 12 m. Dan selain itu ada sasaran fisik yang over prestasi yaitu pembuatan 2 rumah tidak layak huni serta renovasi mushola. Salah satu rumah tidak layak huni yaitu milik Nene Saati (80th). Selain itu Kadispenad juga memberikan pengarahan pada kegiatan sasaran non fisik yaitu berupa Penyuluhan tentang stunting, pembinaan posyandu dan posbindu, PTM di wilayah Kodim 0621/Kabupaten Bogor.

Kepada awak media Kadispenad menyampaikan bahwa dulu masyarakat mengenal yang namanya AMD atau ABRI masuk Desa dan sekarang menjadi Tentara Manunggal Membangun Desa. Dan pada kegiatan TMMD ke 112 kali ini yang dilaksanakan di Kecamatan Klapanunggal yaitu merupakan hasil musyawarah bersama, yang mana adalah permintaan dari masyarakat kemudian dihimpun lalu disampaikan ditingkat kecamatan kemudian tingkat kabupaten sehingga program itu ditentukan menjadi program daerah yang memang sudah disiapkan sedemikian rupa.

” Saya melihat sebagai tim evaluasi, apa yang sudah dilakukan atau dilaksanakan di sini, yaitu bagaimana kondisi jalan disini sebelumnya dengan jalanan yang sekarang, tentunya saya berpendapat bahwa hasil pengerjaan program TMMD ini sudah pasti sangat bermanfaat buat ekonomi sosial budaya dan lain sebagainya bagi masyarakat disini dan sekitarnya. jalan adalah merupakan urat nadi yang paling utama, dan pembangunan ini nantinya dapat dirasakan sendiri, mudah-mudahan ini sangat bermanfaat dan dapat dipelihara oleh masyarakat itu sendiri. Dan selain itu juga ada pembangunan rumah tidak layak huni yang mana ini adalah over prestasi, yang sebetulnya tidak termasuk dalam program TMMD. Akan tetapi karena komunikasi yang baik yang dilakukan oleh Komandan Kodim bersama Muspika dan forkopimda yang ada di tingkat kodim, sehingga yang seharusnya tidak ada di dalam program kemudian bisa dilakukan. kita bisa lihat sendiri bagaimana kondisi rumah nenek Saati saat ini. Setiap pengerjaan pada program TMMD, keputusannya itu adalah merupakan hasil musyawarah bersama.” Ungkap Kadispenad.

Selain Kadispenad, Danrem 061/Suryakancana memberikan penjelasannya saat diminta tanggapannya terkait program TMMD kali ini oleh awak media. Menurutnya bahwa TNI manunggal membangun desa adalah salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI baik dengan Departemen, lembaga pemerintahan non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. Dan tujuan pokok TMMD itu sendiri adalah mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yaitu dalam rangka pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera adil dan gotong royong partisipatif serta dalam rangka memperkuat kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat. Dan pada program TMMD kali ini tidak berbeda dengan program sebelumnya yaitu dipilih berdasarkan yang masuk dalam kategori target daerah 3T yaitu terasing terpencil dan terisolasi, salah satunya Desa Bojong dan Desa Cikahuripan.
.” Kami mengharapkan pembangunan program TMMD di wilayah ini bisa mengangkat perekonomian lebih maju lagi, lalu anak-anak sekolah dengan mudah bisa melaksanakan aktivitasnya, dan kemudian bisa menghidupkan daya tawar ekonomis di segala bidang.” Tambahnya.

Danrem juga berharap agar kedepannya pembangunan tersebut dapat dirawat dijaga sebaik mungkin bila perlu terus ditingkatkan pembangunannya. Dan Melalui TMMD, Komandan Korem 061/SK mengajak seluruh elemen untuk terus menumbuhkan semangat gotong royong.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Kasiter Korem 061/Sk Kol Kav Budiman Ciptadi, Pasiter Dim 0621/Kab Bogor, Danramil, Camat Klapanunggal, serta para Kades setempat

Sumber: Penrem 061/SK