Purworejo, Pakuan pos – Komandan Kodim 0708/ Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,M.Si bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia ke- 63 tahun 2020 di halaman Makodim pada Senin 6/1/2020. Peringatan ini merupakan wujud penghormatan serta meneladani perjuangan para pahlawan patriot bangsa.

Selain kegiatan upacara bendera ini, LVRI Kabupaten Purworejo menyelenggarakan berbagai kegiatan di antaranya ziarah ke makam pahlawan Projo Handoko Loyo, tasyakuran dan anjangsana ke rumah anggota veteran bersama Komandan Kodim 0708/ Purworejo setelah pelaksanaan upacara.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,M.Si. mengatakan Legiun Veteran Republik Indonesia berdasarkan undang undang tahun 2012 adalah organisasi resmi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia yang memiliki jasa kepada bangasa dan negara.

“Hari ini kita memberikan penghargaan kepada mereka dengan memperingati melalui upacara. Kegiatan ini hanya sekedar saja dari satuan Kodim 0708 Purworejo tentunya sangat jauh dengan apa yang diberikan para veteran kepada negara ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim menuturkan sebagai generasi penerus bangsa harus meneladani perjuangan para pahlawan yang tanpa pamrih berjuang untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat pengorbanan, pantang menyerah, serta berani TNI aktif harus bisa lebih mengabdi kepada nusa bangsa dan negara.

“Semoga para veteran sehat dan kuat serta pengabdian tanpa batas yang mereka miliki sesuai dengan visi dan misinya bisa menginspirasi bagi kami anggota Kodim 0708 Purworejo,” imbuhnya.

Sementara Itu Mayor Purn. Bagio mengucapkan rasa terima kasih kepada Komandan Kodim 0708 Purworejo yang telah turut hadir dalam anjangsana anggota veteran. kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan bersama dengan Dandim. Ini merupakan kado yang luar biasa dari Komandan Kodim 0708 Purworejo.

“Perjuangan kita tidak ada habisnya, mari kita selalu berjuang untuk bangsa sehingga negara yang kita cintai ini betul-betul nikmat dan bahagia dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya. (*)