Cigombong, Pakuan pos – Musim hujan tahun ini perlu diwaspadai, di wilayah kecamatan Cigombong, kabupaten Bogor Jawa barat selain hujan deras yang kerap disertai petir sering terjadi. Akibatnya, bencana pohon tumbang dan tanah longsor patut diwaspadai.

Selain hujan, keberadaan binatang – binatang berbisa layak diperhatikan tak jarang ular dan kalajengking masuk rumah penduduk, biasanya kepanikan akan terjadi karena tidak tahu cara mengatasinya.

Petugas pemadam kebakaran dan penyelamat kabupaten Bogor sigap dalam menghadapi semuanya. Ketika laporan diterima, maka langsung meluncur ke tempat kejadian.

Seperti yang terjadi di RT 02/01 desa Cigombong, Rimbunya pohon bambu yang diduga menjadi sarang ular berbisa, tak luput dibersihkan.

“Pohon bambu yang menghalangi jalan menuju fasilitas umum, sekolah dan mushola langsung dibersihkan setelah mendapat laporan dari warga. Pohon bambu itu juga, menurut warga sekitar menjadi sarang ular berbisa yang kerap masuk ke rumah – rumah warga,” ungkap kepala Damkar unit Ciawi, Nendri. Kamis, (12/12/2019).

Dia juga mengatakan, sebanyak satu regu (10 orang) petugas, dengan peralatan lengkap diturunkan ke lokasi. “Proses evakuasi cukup menantang, karena selain berada di tebingan, pohon bambu sulit di tebang, karena sudah terbelit oleh akar,” jelasnya.

Warga sekitar lokasi. Ika, mengaku bersyukur karena pohon bambu yang diduga jadi sarang ular berbisa itu, kini sudah dibersihkan karena sebelumnya warga tidak ada yang bisa.

“Karena bingung, warga tidak ada yang bisa, akhirnya kami melapor ke petugas damkar. Sebab kalau tidak, jalan yang menuju fasilitas umum itu akan terus tertutup, serta kekhawatiran warga akan banyaknya ular di pohon itu akhirnya bisa plong,” tuturnya. (Abdan)