Sukabumi, Pakuan pos – Obyek Wisata Curug Sentral Kabandungan kabupaten Sukabumi Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat Indonesia. Obyek wisata Curug sentral ini adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Saat kita memasuki wilayah Curug, kita langsung disuguhkan pemandangan indah dengan hamparan hijau perkebunan teh dan wisatawan pun bisa langsung bercengkrama dengan sekawanan monyet liar di alam bebas.

Curug Sentral, memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda sedang berada di sukabumi tidak mengunjungi lokasi wisata ini.

Menurut warga setempat, dinamakan Curug sentral karena pada zaman dahulu dilokasi itu terdapat turbin listrik yang dibangun pada zaman kolonial Belanda untuk pasokan listrik warga setempat dan pabrik teh.

“Dilokasi Curug dulunya ada turbin listrik yang dibuat oleh Belanda untuk kebutuhan listrik warga dan pabrik teh,” kata ibu Enung warga setempat. Minggu, (5/5/2019).

Sisa-sisa peninggalan Belanda tersebut masih bisa dilihat, hanya saja tinggal pondasi batu dan lobang yang kondisinya saat ini sudah tertutup oleh tumpukan sampah dan tanah.

“Dulu pabrik teh nya pun masih produktif, lihat saja bangunan kokoh pabriknya masih ada,” ujarnya.

Saat kita memasuki pintu masuk utama, pandangan mata langsung tertuju ke bangunan tua pabrik teh peninggalan Belanda. Bangunan yang masih terlihat berdiri kokoh, tepat dibelakangnya tempat produksi pengolahan teh.

Curug sentral, sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Seperti menjelang puasa ramadhan, atau biasa masyarakat di Jawa. Barat menyebutnya ‘munggah’.

Banyak warga masyarakat dan wisatawan lokal yang sengaja datang untuk berwisata. Mereka, memanfaatkan lokasi Curug selain ingin tahu sekaligus mengadakan acara makan bersama atau ‘botram’ sebelum puasa ramadhan. (ADj/Red)