Megamendung, Pakuan pos – Debit air pada bendung Cibalok Megamendung Cisarua Bogor sudah mulai surut, salah satu penyebabnya menurut Nazar, selaku penjaga bendung adalah curah hujan yang sudah tidak lagi tinggi. Meskipun sudah beberapa sore ada turun hujan, namun sifatnya lokal dan tidak terlalu deras.

Air yang mengalir nampak keruh, dan membawa material lumpur sehingga tidak dapat digunakan untuk keperluan mandi dan sejenisnya. Entah apa yang menyebabkannya demikian?, namun yang pasti, dari keterangan warga dulunya meskipun air surut tidak pernah sekeruh itu.

Menyusutnya ketinggian air di bendung tersebut membuat aktivitas warga untuk membuat tembok penahan tebingan (TPT) yang ambrol dimulai sejak kemarin.

“Dalam catatan saya, memang tercatat ada dua kali penaikan, itu pun tidak signifikan, hanya sekitar 20 cm saja,” jelas dia.

Terkait pembangunan TPT. Lanjut dia, itu disebabkan oleh tembok warga yang ambrol akibat air sungai yang meluap saat musim hujan.

“kemarin, memang ada warga yang datang untuk memberi tahu akan memperbaiki tembok tebingan yang ambrol, akibat hantaman air sungai,” papar Nazar. (Abdan)