Riau, Pakuan pos – Menjaga kelestarian hutan lindung sangat penting demi kelestarian alam, karena hutan lindunglah sebagai sumber oksigen terbesar yang dibutuhkan manusia, serta bila hutan lindung dirambah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dapat membawa malapetaka seperti bencana banjir bandang dan longsor.

Guna mencegah terjadinya aksi pembalakan hutan lindung tersebut, pucuk Pimpinan Polres Kuantan Singingi (Kuansing), Riau dan Polres Sijunjung, Sumatra Barat (Sumbar) memimpin kegiatan patroli dan pengecekan bersama ke lokasi hutan lindung Bukit Batabuh Areal Tabandang, tepatnya dikawasan hutan lindung perbatasan Provinsi Riau dan Sumbar.

Pelaksanaan patroli dan pengecekan bersama tersebut diikuti sejumlah 38 personel Polres Kuansing, 45 personel Polres Sijunjung, 4 personel UPTD Sijunjung KPH Provinsi Sumbar, 2 personel UPTD Kuansing KPH Prov. Riau serta 2 personel Dinas LHK Kab. Kuansing.

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto, SIK, MM kepada media menjelaskan bahwa kegiatan bersama tersebut bertujuan mencegah dan mengantisipasi terjadinya Pembalakan Hutan Lindung Bukit Batabuh Areal Tabandang.

“Saya bersama rekan saya Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MHum memimpin langsung kegiatan patroli dan pengecekan, walaupun medan yang kami hadapi cukup berat dan membahayakan, tanah yang licin dan terdapat jurang curam, kami tetap semangat bersama seluruh personel Polri dan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup guna mencegah terjadinya Pembalakan Hutan Lindung,” terang Kapolres.

Selama pelaksanaan patroli dan pengecekan tersebut, kata Kapolres, tidak ditemukan adanya aksi pembalakan liar, kami juga turut menegaskan penyampaian larangan kepada masyarakat setempat yang tinggal disekitar lokasi hutan lindung untuk tidak melakukan aktifitas penebangan hutan.

“Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa diwilayah kita ada hutan yang tumbuh subur sebagai sumber oksigen yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan, sehingga kita semua hendaknya berperan serta guna mencegah terjadinya pembalakan liar, mari kita jaga alam ini, sehingga alampun dapat menjaga kita dari malapetaka bencana alam,” tutup Kapolres. (Anhar rosal)