Cijeruk, Pakuan Pos – Pemerintah Kecamatan Cijeruk dipimpin langsung oleh Camat Adijana melaksanakan pembinaan Administrasi Tata Pemerintahan Desa se-Kecamatan Cijeruk, di Desa Tanjungsari, Rabu (31/03/2021). Menurut Camat, kegiatan itu sebagai media sharing terkait pelaksanaan program pemerintahan desa, terutama kepada jajaran pemerintahan yang baru.

“Kegiatan ini sebagai media pembinaan dan sharing terkait tata pemerintahan desa. Kami ingatkan kembali bahwa pemdes terbagi dua, yakni pemdes serta perangkat dengan BPD. Yang melaksanakan pemerintahan adalah pemdes sementara BPD harus turut mensuport. Karena Pemdes dan BPD satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dan harus saling bekerja bersama dalam mensukseskan program”, papar Adijana dalan arahanya.

Lebih lanjut Camat menjelaskan, bahwa mekanisme pengangkatan, pemberhentian, kewenangan serta larangan perangkat desa sebagI dasar hukumnya telah tertuang dalam Peraturan Daerah. Kata dia, perlu sinergitas antara kepala desa, perangkat desa, BPD, seluruh elemen masyarakat serta pihak – pihak lain yang menjadi sumber informasi di wilayah.

“Jadi terkait tugas dan pokok dan fungsi perangkat desa itu sudah ada mekanisme yang telah diatur oleh pemerintah daerah. Tinggal dibaca dan dilaksanakan sesuai aturan dan fungsinya masing – masing. Akatn tetapi semua perangkat desa tetap harus berkerjasama secara tim”, tandasya.

Hadir juga mendampingi Camat dalam kegiatan itu para Kasi Kecamatan Cijeruk serta seluruh perangkat Desa Tanjungsari. (Raden)