Bali, Pakuan Pos – Kota Bangli yang memiliki suhu udara yang sejuk sebagai kota yang berada di dataran tinggi dengan gunung batunya sering dijuluki kota dengan kota dingin dengan Panorama alamnya yang sangat indah .

Dengan panoramanya itu sebagai modal utama kota Bangli juga dijuluki kota terbersih , kini Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, mengajak masyarakat untuk kembali menjaga alam yang telah dikarunia yang kuasa dengan menggelorakan semangat gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Langkah awal gerakan gotong royong itu diharapkan kedepannya bangli dapat membuktikan sebagai kota terbersih di Bali ,Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar turun langsung memimpin kegiatan bersih-bersih yang diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Jumat, (7/1).

Bupati Bangli disela-sela kegiatan gotong royong mengatakan, sebagai Kabupaten yang berada di daerah hulu Provinsi Bali, kebersihan dan kelestarian lingkungan merupakan harga mati yang harus diwujudkan di Kabupaten Bangli. oleh karenanya, gotong royong sebagai warisan leluhur, wajib kembali digelorakan sebagai identitas budaya masyarakat Bali.
“Saya ingin semangat gotong royong ini bisa menular di masyarakat, sehingga budaya gotong royong yang sempat meredup bisa kembali bangkit untuk mewujudkan Bangli yang bersih dan sehat” ujarnya .

Bupati Bangli asal Desa Sulahan, Susut ini juga menegaskan bahwa menjadikan kota Bangli sebagai kota terbersih di Bali adalah harga mati. Menurutnya Kota Bangli yang secara kewilayahan tidak terlalu luas, harusnya tidak sulit untuk menatanya.
“Saya tegaskan, Bangli harus menjadi Kota terbersih dan indah di Bali. Saya minta OPD terkait dan masyarakat bisa bahu membahu mewujudkannya. terangnya .

Hal senada juga disampaikan Wabup Wayan Diar. Menurutnya menjadikan Kota Bangli yang bersih dan indah adalah salah satu janji yang pasti akan diwujudkan. Ia meyakini, dengan dukungan penuh dari ASN dan masyarakat Bangli, mimpi untuk menjadikan Kota Bangli sebagai kota terbersih di Bali akan segera terwujud. “Masyarakat bisa melihat penataan yang sudah, sedang dan akan berlangsung. Saya minta masyarakat bisa ikut mengawal dan mendukung program yang sedang berjalan kaitannya dengan pembangunan Kota Bangli”pintanya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Putu Ganda Wijaya menyampaikan, diawal tahun 2022 ini pihaknya melaksanakan kebersihan bersama dimulai dari Desa Bunutin sampai ke Kelurahan Kubu.

Semua OPD sudah terbagi dalam lokasi di jalur utama dan juga di LC Aya dan LC Bukal, yang bertujuan bagaimana kita melihat kembali apa yang memang menjadi program Bapak Bupati menjadikan Kota Bangli bersih dari sampah,

Putu Ganda juga berharap DLH sebagai leading sektornya atau ujung tombak diharapkan mampu menyelesaikan masalah sampah dari rumahtangga sehingga tidak perlu di ragukan lagi bangli bisa membuktikan sebagai kota terbersih di Bali. (Arn)