Ciawi, Pakuan pos – Badan usaha milik desa (Bumdes) Jaya Mandiri Desa Pandansari sudah resmi beroperasi, keberadaannya sudah mulai diakui sebagai lembaga resmi yang diharapkan bisa memberikan manfaat baik dari segi financial (keuangan) ataupun sosial.

Hal tersebut secara gamblang dinyatakan oleh ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pandansari, Agus Prasojo usai menggunting pita peresmian Bumdes Jaya Mandiri di Kampung Hegar manah RT 04/08, Pandansari kabupaten Bogor Jawa barat.

Dia juga memaparkan, Bumdes tersebut akan berjalan sesuai fungsinya, dan bakal mendapat pengawasan dari BPD dan Masyarakat.

“Untuk Bumdes secara pribadi saya selalu melihat dan memantau perkekembangan usahanya, dan selalu mendorong untuk segera merealisasikan semua rencana usaha yang sudah di rencanakan.” tegas Agus.

Dia juga mengatakan, untuk tertib administrasi tertulis, semua pengeluaran dan pemasukan dari usaha itu akan terus dipantau.

“Dalam waktu dekat BPD akan mengadakan raker bahkan kunker ke usaha usaha bumdes pandansari,” katanya.

Ketua Bumdes Jaya Mandiri, Sarengat Waspodo menyampaikan saat ini sudah ada beberapa cabang usaha Yang sedang dirintisnya. Diantaranya; adalah penggemukan kambing untuk aqiqah atau pun qurban, catering dan usaha penyaluran gas LPG.

“Kami akan mengusahakan semaksimal mungkin, agar secepatnya bisa menghasilkan dan menyumbang PADes bagi desa,” jelasnya.

Dia pun mengungkapkan, usaha Bumdes yang dipimpinnya tidak terbatas hanya untuk melayani masyarakat Pandansari saja, tapi siapa saja yang memang bisa dilayani.

“Seperti usaha kambing misalnya, kami akan menjual kepada siapapun yang membutuhkan,dengan kisaran harga 1,8 juta sampai 2 juta rupiah, tergantung dari ukuran dan jenis kambing,” tutup dia. (Abdan)