Ternate, Pakuan pos – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut) rencananya akan menambah program Jaksa Masuk Pesantren (JMP) bekerja sama dengan Relawan Wakaf Alqur’an Malut guna untuk meningkatkan kesadaran iman dan kesadaran hukum.

Rencana JMP tersebut diwujudkan dengan penyerahan Al-quran langsung oleh Kepala Kejati Malut Dr.Erryl Prima Putra Agoes kepada ketua Relawan Wakaf Nasional provinsi Maluku utara H. Tada Hakim yang juga merupakan Dosen Universitas Muhamadiah di Ternate.

Penyerahan sejumlah Kitab Al-Qur’an ,IQRO dan Juz Amma dilakukan secara simbolis untuk pondok pesantren yang dikordinir oleh panitia wakaf Al-quran malut.

Kajati Maluku Utara Dr.Erryl Prima Putra Agoes, rencananya yang akan meluncurkan program Jaksa Masuk Pesantren. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Kejati Provinsi Malut.

“Hal ini agar generasi muda, pelajar, terutama Masyarakat Malut terhindar dari permasalahan tindak pidana yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” ujar Kajati Erryl di konfirmasi,Jumat ( 12/02/2021)

Erryl mengungkapkan Sebelumnya Kejati Malut sudah membuat Program seperti Jaksa Masuk Desa, Jaksa Menyapa, yang bekerja sama dengan RRI Cabang Ternate. Diagendakan sebulan sekali Kejati menerima kritikan dan masukan dari Masyarakat.

“Baru kepikir dengan adanya Relawan Wakaf Al-Qur’an ini saya apresiasi, sangat luar biasa,” imbuhnya.

Dengan keperhatinan di beberapa media yang memberitakan perbuatan asusila dan tindak Pidana (Korupsi), dengan kerjasama antara kejaksaan Tinggi Maluku Utara bersama Relawan Wakaf Al-Qur’an (RWQ) Malut, agar membentuk program Jaksa Masuk Pasantren untuk bisa membentuk karakter dan Akhlak dengan baik.

“Untuk memberi Ceramah tentunya para Ustadz dan imam-imam. Kejaksaan Tinggi Malut dan tim hanya membuat program Jaksa Masuk Pasantren hanya menghubungkan dengan Hukum agar di kaloborasi keduanya. Itulah tujuanya agar meminimalisir tindak Pidana lewat program-program seperti ini,” pungkasnya.

Turut hadir menyaksikan kegiatan ini adalah pengurus Pangeran Amal dari kesultanan Bacan.

Sementara pada kesempatan tersebut Kajati Malut Dr.Erryl Prima Putra Agoes didaulat sebagai Dewan Pembina Wakaf Alquran Malut, guna untuk mendukung kegiatan.

Kegiatan kunjungan ketua relawan wakaf Nasional provinsi Maluku Utara ke Kejati Malut di lakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu tentang pencegahan penularan Covid 19. (Muzer)