Ponorogo, Pakuan Pos – Salah satu bentuk keterbukaan kepada publik atau anggota dibuktikan oleh Kelompok Tani (Poktan) Bancaran, Dukuh Duwet, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Bancaran adalah salah satu dari 5 Poktan yang ada di Desa Bancar dan berdiri sejak tahun 1982.

Keterbukaan publik Poktan Bancaran terlihat dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Laporan Keuangan Tutup Buku Tahun 2021 yang dilaksanakan di sekretariat Bancaran, Rabu (9/2/2022) malam.

Selain diikuti seluruh anggota, hadir juga perwakilan dari PPL pendamping serta Perangkat Desa Bancar. Dalam laporanya, Bendahara Poktan Bancaran, Samuri menjelaskan total keuangan mencapai 84 Juta Ruiah lebih. “Tak hanya disimpan di Bank, keuangan Kelompok Tani Bancaran sebagian juga digulirkan di Unit Simpan Pinjam Bancaran dengan sistem angsuran selapanan atau 35 hari sekali, yaitu tiap Rabu Legi atau malam Kamis Pahing,” tandas Samuri.

Pada kesempatan itu, Tubari selaku Ketua Poktan Bancaran mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan keaktifan para petani yang menjadi anggota Poktan Bancaran. “Sehingga Poktan Bancaran makin maju dan berkembang ditengah globalisasi,” jelas Tubari.

Yang membanggakan lagi dari Poktan Bancaran saat berdiri tahun 1982 hingga sekarang ini semua pembukaan masih tersimpan rapi. “Alhamdulilah Kelompok Tani Bancaran sudah terdaftar resmi di Kemenkumham RI serta di Kementerian Pertanian RI,” terang Tubari.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan hingga saat ini Poktan Bancaran juga mengelola unit usaha berbagai alsintan dan 1 sumur dangkal. Poktan Bancaran juga sering menjadi tuan rumah berbagai kegiatan program dari Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo. (MN)