Ciawi, Pakuan pos – Langkah awal pengalokasian dana Bantuan Provinsi (Banprov) senilai 130 juta rupiah di Desa Jambu Luwuk Ciawi kabupaten Bogor layak mendapat apresiasi.Tahapan pertama berupa sosialisasi dan koordinasi dengan masyarakat telah ditempuh, Sabtu 30 Mei. Musyawarah yang dihadiri oleh tokoh dan perangkat desa tersebut, disaksikan langsung oleh Pendamping desa dan pihak dari kecamatan Ciawi.

Dalam rapat itu, kepala desa Jambu Luwuk, Mulyana membeberkan jumlah dana yang diterima dan pengalokasiannya. Dia menjelaskan Jumlah uang yang diterima adalah 130 juta rupiah yang dibagi kebeberapa pos pengeluaran. Diantaranya adalah pos yandu, uang pulsa untuk RT dan RW (sapa warga) dan untuk pembangunan infrastruktur rehab kantor desa.

“Pihak Pemdes Jambu luwuk telah menerima anggaran tersebut, dan sudah dimusyawarahkan dengan masyarakat yang diwakili tokoh masyarakat serta perangkat desa, Insya Allah pengerjaan infrastruktur juga akan dikerjakan oleh masyarakat sekitar juga,” ungkapnya. Selasa, (2/6/2020).

Mulyana juga menjelaskan, diharapkan jika dikerjakan oleh warga maka akan lebih muncul rasa memilki, sehingga pekerjaan tidak asal jadi.

“Kalau sudah merasa memilki,maka pekerjaan pasti akan lebih baik, sehingga tidak terkesan buang – buang anggaran,” harap dia.

Ketua Tim pelaksana kegiatan(TPK) Dadan, mengutarakan rencana pembangunan kantor desa akan memperlebar ruang kepala desa ruang rapat (aula) dengan cara dicor/dak tentunya disesuaikan dengan anggaran yang tersedia, yakni sekitar 70 juta rupiah.

“Kalau aula diperlebar, maka nantinya bisa digunakan oleh warga untuk acara – acara seperti hajatan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk ruang kepala desa akan diperbesar, dengan harapan bisa memberikan raya nyaman bagi kepala desa untuk bekerja, dan tamu yang datang juga merasa nyaman pula,” jelas Dadan. (Abdan)