Sukabumi, Pakuan pos – Desa Sukamaju Kecamatan Cimangu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Babinsa di setiap desa adalah merupakan mitra dan sekaligus pembina desa di wilayah desa masing-masing, Nugraha adalah Babinsa Desa Sukamaju tersebut berharap bahwa di desa binaannya di bangunkan lumbung atau waduk untuk bisa mengairi irigasi warga desanya.

Menurut Nugraha, memang benar apa yang disampaikan warga terkait permasalahan air irigasi kepada Pemdes Sukamaju memang benar adanya. Alhamdulillah kami semua berbagai stek holder di Kecamatan Cimangu lagi berusaha merumuskan untuk mendapatkan solusi yang jangka panjang pemanfaatannya untuk warga desa ini.

“Kami dan Pemdes Sukamaju berharap, agar sawah-sawah masyarakat bisa terus produksi, ada ratusan hektar sawah yang tidak bisa produksi dikarenakan pasokan air yang krisis,” kata Nugraha selaku Babinsa Desa Sukamaju Kecamatan Cimangu. Selasa, (11/8/2020).

Nugraha sangat memahami betul kondisi di desa binaanya, mayoritas disini bertani, kalau bertani ya otomatis sumber utama adalah ketersedian air yang memadai.

“Coba kalau musim kemarau, sudah pasti kekeringan melanda di desa ini, petani sudah tidak bisa produktif lagi, yang ujungnya bisa lumpuh perekonomian warga,” beber Nugraha.

Nugraha merasa, bahwa ini adalah PR alias Pekerjaan Rumah bersama, bagaimana kita bisa membantu warga masyarakat disini, dan bagai mana Pemdes Sukamaju terus berupaya dengan melakukan komunikasi ke berbagai pihak agar ini jadi perhatian serius demi warga masyarakat banyak.

“Ini juga merupakan tanggung jawab saya sebagai Babinsa disini, saya laporkan juga keatasan kondisi di desa ini, selain itu, hasil musyawarah bersama dengan Pemdes Sukamaju dan perwakilan warga masyarakat, salah satu solusi yang tepat guna dan jangka panjang adalah dibangunkannya embung atau waduk sebagai tempat persedian air,” ungkap Nugraha.

Nugraha berharap, semoga demi tercapainya kesejahteraan sosial bagi warga masyarakat desa, khusunya Desa Sukamaju ini, mimpi kami terwujud untuk punya Waduk atau Embung sebagai sumber irigasi disini.

“Kalau kata Pak Kades Sukamaju, dan bila ini bisa terealisasi waduk tersebut bisa mengairi 150 ha lahan tandus yang ada di Desa Sukamaju dan bisa mengairi juga untuk 3 Kecamatan yaitu Cimanggu, Kecamatan Jampangkulon dan Kecamatan Surade otomatis ketahanan pangan akan stabil dan akan terus meningkat.

Semoga mimpi kami semuanya terwujud dan ditindak lanjuti oleh berbagai pemegang kebijakan. Aamiin,” pungkas Nugraha. (Dev)