Sukajadi, Pakuan pos – Semangat kemanusiaan atas bencana banjir dan musibah longsor di beberapa titik di sebelah barat kabupaten Bogor terus menggeliat. Bantuan terus mengalir dari berbagai organisasi ataupun dari pribadi.Tak terkecuali untuk organisasi yang konsen dijasa Kontruksi, Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) dan Gabungan Pengusaha Kontruksi Nasional (Gapensinas) terjun langsung memberikan bantuan ke 6 titik lokasi yang terdampak oleh Bencana alam tersebut.

Wilayah – wilayah itu adalah Kampung nyuncung Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, kampung Ciputih dan kampung Cibadak desa Sukamulih, kampung Congcorang desa Harkat Jaya, kampung Jaya Raharja desa Cileuksa, semuanya berada di Kecamatan Sukajadi.

Berangkat dari kediaman penasehat kedua organisasi tersebut dibilangan Bogor Kota, rombongan yang menggunakan 10 kendaraan mobil pribadi dan 2 mobil box pengangkut barang tersebut, singgah di Kantor desa Kalong 1 untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang mengungsi di kantor desa itu. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke kantor Polsek Nanggung dengan agenda yang sama, setelah itu langsung ke posko pengungsian Desa Cisarua Kecamatan Nanggung dan berakhir di Kampung Cibadak desa Sukamulih Kecamatan Sukajaya.

Tak kurang dari 50 orang anggota kedua organisasi profesi itu terjun langsung memberikan bantuan berupa Mukena, alat mandi, Alat sholat, kain sarung, peralatan sekolah, Al – Quran, kitab kuning, Sembako dan obat – obatan, kepada para pengungsi. Selain itu, bantuan medis berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis juga tak luput dari perhatian dengan menghadirkan dua dokter ahli.

“Ini bagian dari kepedulian kami, selain bantuan logisti kami juga memberikan bantuan kesehatan berupa pengobatan dan pemeriksaan. Selain itu, ada juga bantuan berupa hiburan kepada anak – anak korban bencana. Hal itu sangat penting, mengingat ganguan traumatik yang dialami oleh para korban, selain itu kini mereka juga sudah tidak punya rumah,” ungkap Penasehat Askonas dan Gapensinas, Sintha Dec Checawaty, kepada wartawan dilokasi pengungsian Pesantren Bakhairul Ulum, Desa Cisarua. Rabu, (8/1/2020).

Dia juga mengatakan, untuk bantuan renovasi rumah para korban bencana mungkin akan didiskusikan, dan kemudian diagendakan selanjutnya. “Kami lihat dulu dan akan dirembukan dengan anggota juga pemerintah daerah,” katanya.

Sekertaris umum (Sekum) Askonas, Jonarudin Syah mengharapkan bantuan yang sudah diberikan oleh kedua organisasi itu bisa bermanfaat. Kegiatan ini juga tak lepas dari kerja sama dengan Bank BJB yang turut menurunkan para karyawannya, dipimpin langsung oleh perwakilan BJB kota Bogor, Agung.

“Alhamdulilah kami bisa memberikan bantuan ke 6 titik lokasi pemgungsian di dua Kecamatan, dan dapat diterima langsung oleh para korban yang terdampak,” katanya. (Abdan)