Jakarta, Pakuan Pos – Anggota Komisi XI DPR -RI, Anis Byarwati mengapresiasi acara Indonesia Sharia Investment Festival 2022 (INSAV Festival 2022)  yang berlangsung Minggu (3/7/2022). Menurutnya, acara tersebut sebagai upaya penguatan mutu preferensi masyarakat dalam keterlibatan membangun ekonomi syariah di tengah menghadapi berbagai tantangan dunia investasi.

Ia menuturkan, bahwa memang Indonesia memiliki  potensi pangsa pasar ekonomi syariah begitu besar, namun dengan maraknya penipuan berkedok investasi yang terjadi belakangan ini, membuat ia khawatir hal demikian juga bisa terjadi di sektor keuangan dan ekonomi syariah.

“Sebagaimana yang marak terjadi belakangan ini, penipuan berkedok investasi telah memakan korban yang tidak sedikit jumlahnya, sebut saja mulai dari  affiliate investasi, robot trading hingga masalah produk asuransi gagal bayar,” kata Anis yang saat acara dinobatkan menjadi Bunda UMKM ini di Jakarta.

Karena itu tambah  Anggota DPR dari Dapil Jakarta Timur ini, perlu dilakukan upaya-upaya  peningkatan pemahaman masyarakat secara masif terkait investasi, terutama investasi syariah.

“Tentu kita tidak ingin sebagaimana hal buruk tersebut menimpa ekosistem ekonomi syariah. Dengan demikian, hadirnya event INSAV Festival 2022 ini merupakan bagian dari edukasi penguatan terhadap literasi masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi  syariah di Indonesia,” tuturnya.

Anis merasa yakin, apabila pemahaman masyarakat  mengenai investasi, khususnya investasi sektor syariah dapat teredukasi dengan baik, makan upaya penipuan dapat diminimalisir.

“Kami percaya, jika masyarakat teredukasi dengan baik maka tindak kejahatan ataupun penipuan pada sektor investasi syariah dapat dilakukan mitigasi dan pertumbuhan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dapat berjalan secara kondusif,” katanya. (***)