Pacitan, Pakuan Pos  – Acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I DPD PAN Kabupaten Pacitan, Jawa Timur Senin (27/6/2022) menghasilkan beberapa keputusan strategis menghadapi pesta demokrasi. Rakerda I DPD PAN Pacitan dilaksanakan di Cafe Kip Kop JLS diikuti 12 DPC Ketua dan Sekretaris serta Pengurus DPD PAN.

Saat ditemui jurnalis di sela-sela kegiatan, H. Suli Da’im, SM.,S.Pd.MM selaku Ketua DPD PAN Pacitan menyampaikan bahwa banyak keputusan strategis untuk menyongsong pemilu 2024. “Alhamdulilah ada lima keputusan dari Rakerda I DPD PAN Pacitan hari ini,” ungkap Suli Da’im.

Kemudian dia membeberkan kelima keputusan Rakerda I DPD PAN Pacitan, diantaranya adalah Pertama, terpenuhinya verifikasi prasyarat seratus prosen baik secara kepengurusan maupun domisili partai juga jumlah KTA keanggotaan. “Kedua, pemenuhan jumlah saksi minimal 25% akan terpenuhi sebelum tanggal 30 juni 2022 akan disampaikan pada Badan Saksi Nasional,” imbuh Kang Suli sapaan akrabnya.

Pihaknya menjelaskan rekomendasi Ketiga yaitu memutuskan kompensasi bagi caleg gagal yang akan diganti sesuai jumlah suara yang mereka dapatkan sesuai data yang diperoleh dari penyelenggara pemilu. “Keempat, Caleg DPRD kabupaten Pacitan terpilih yang memperoleh kursi dengan perolehan suaranya sendiri akan memperoleh penghargaan sebesar Rp. 500 juta. Semua penghargaan dan kompensasi akan diserahkan DPW PAN Jatim selambat-lambatnya dua tahun setelah Caleg terpilih dilantik sebagai anggota legislatif,” tandasnya.

Sedangkan yang Kelima, Rakerda I PAN Pacitan juga memutuskan mengusulkan calon presiden yang akan disampaikan ke DPW dan disampaikan pada Rakernas untuk dipilih oleh KIB. “Nama Calon Presiden pilihan Kader PAN Pacitan adalah  DR. Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN sangat kompeten dan layak untuk kita usulkan, Khofifah Indar Parawansa gubernur Jatim yang juga ketua muslimat,” jelasnya.

Capres Ketiga usulan DPD PAN Pacitan adalah Anies Rasyid Baswedan Gubernur DKI Jakarta, Keempat, Erick Thohir Menteri BUMN. “Yang Kelima, tokoh muda yang juga ketua DPW PAN Jatim A Rizki Sadig dan yang Keenam adalah Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat,” tukasnya.

Jalannya Rakerda I DPD PAN Pacitan berjalan lancar dan penuh kebersamaan. “Semoga PAN mendapat jumlah kursi sebanyak-banyaknya dalam Pemilu 2024, serta Capres yang kita usung bisa memenangkan Pilpres,” tukasnya. (MN)