Ciawi, Pakuan pos – Untuk memperingati Hari peduli sampah nasional (HPSN) di Ciawi, diadakan aksi mulung runtah yang digagas oleh Formacip, Ekovillage Baraya dan Karang Taruna Genta Remaja Desa Bendungan, Ciawi kabupaten Bogor.

Giat tersebut diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat pemerintah kecamatan Ciawi, pemerintah desa, sekolah, serta aktivis pegiat lingkungan dan Forum masyarakat Ciawi Peduli (Formacip), juga komunitas dari berbagai wilayah dari Jakarta, Tangerang, Depok, Jawa Tengah, Komunitas Pesisir Pantai utara, bahkan dari luar negri (USA).

Menurut Aktivis lingkungan,Kang Pur, Festival mulung runtah yang dipusatkan di sepanjang jalan Ciawi Gadog tersebut, adalah upaya mengimplementasikan HPSN yang jatuh pada tanggal 21 Fabruari 2020.

Dia juga mengatakan,pesan moral yang ingin di sampaikan kepada masyarakat adalah,memulai peduli kepada lingkungan,dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Bersih lingkungan mulai hari ini mulai dari diri kita, dengan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya. Minggu, (23/2/2020).

Warga Ciawi, sekaligus pembina Formacip, Ujang Kamun menyampaikan, aksi tersebut jangan sampai berhenti sebatas pada HPSN saja,tapi harus terus berlanjut dihari – hari lainya dan membiasakan hidup bersih dari lingkungan keluarga.

“Perlakukan sampah sebagai sahabat, dengan mengolah atau mendaur ulang atau juga bisa menempatkan pada tempatnya, mudah – mudahan dengan demikaian maka meski dimulai dari desa bisa menuju dunia yang bersih,” tutup dia. (Abdan)