Bogor, Pakuan Pos – Saat ini Donor plasma konvalesen menjadi salah satu metode penyembuhan dari infeksi Covid-1 9. Plasma konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas covid-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien covid-19 yang masih dalam tahap pengobatan tentunya dalam hal ini adalah pasien covid-19 yang sedang dirawat. Plasma Konvalesen dapat diperoleh dari seorang penyintas Covid-19 yang telah sembuh dalam kurun waktu sekitar 3 bulan. Dalam kurun waktu itu, penyintas telah membentuk antibodi di tubuhnya setelah sembuh. Kemudian, antibodi itu akan disimpan dalam plasma darah orang tersebut. Itu disampaikan oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M., saat meninjau pelaksanaan Donor darah yang digelar di Graha Pena Radar Bogor Jl.KH.Abdullah bin Nuh Kelurahan Curug Mekar Kecamatan Bogor Barat. Sabtu (31/7).

Kemudian lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa Donor plasma konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas COVID-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien COVID-19 yang sedang menjalani pengobatan.
Dan syarat untuk menjadi pendonor plasma konvalesen itu sendiri yaitu Orang yang sudah sembuh dari COVID-19,
Sehat jasmani, Bebas gejala selama 14 hari, kemudian setelah sembuh calon pendonor tersebut diwajibkan Memperlihatkan hasil RT PCR negative 1 kali. Dan setelah itu para penyintas yang telah memenuhi kriteria dapat menghubungi UDD PMI. Kemudian Petugas akan mengatur waktu untuk pemeriksaan dan pengambilan sampel darah, jika memenuhi syarat, pengambilan donor plasma konvalesen akan dilakukan menggunakan metode apheresis.

” Alhamdulillah kami sudah bisa mengadakan donor plasma konvalesen, yang yang mana aksi donor plasma tersebut adalah atas kerjasama Korem 061/SK, bersama PMI Kota Bogor, dan festival merah putih. walaupun untuk mencari pendonor plasma konvalesen tersebut sangat sulit namun semua tim optimis demi membantu sesama.” Ujarnya.

Untuk kota Bogor diperlukan 100 orang pendonor darah plasma konvalesen per hari, akan tetapi untuk mencari pendonor tersebut sangat susah namun Semoga apa yang diberikan oleh pendonor plasma konvalesen bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dengan adanya peningkatan pasien covid 19 sebanyak 600 orang per hari di kota Bogor sangatlah dibutuhkan para pendonor plasma konvalesen.” Jelasnya.

Saat ini yang akan menjadi pendonor plasma konvalesen pada kegiatan tersebut yaitu sebanyak 63 orang, dan hasil dari donor plasma konvalesen dari satu orang bisa digunakan oleh 100 orang, itu artinya bisa digunakan untuk 6000 orang penderita covid 19.

” Mari kita bekerja sama berkolaborasi dalam menangani covid 19, kegiatan ini Tentunya bukan hanya tugas TNI saja akan tetapi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat dan bekerja bersama-sama dalam menuju Indonesia sehat dan Indonesia Hebat.” Pungkasnya.

Adapun pendonor darah plasma konvalesen pada kegiatan tersebut antara lain personil Korem 061/SK, Satuan POM TNI AU Atang Senjaya, Yon 14/Kopassus serta warga masyarakat sekitar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Bogor, Kasi Pers Rem 061/SK, Dandenhub Rem 061/Sk, Pasi Komsos Ter Rem 061/Sk, Danramil Bogor Barat, Bapak Gatut Susanta (Bobat), Bapak Hazaerin Sitepu (CEO Radar Bogor), Bapak Edgar Suratman (Ketua PMI Kota Bogor) serta Bpk Arifin Himawan.

Sumber: Penrem 061/SK