Resmi Jadi Cabang Khusus, AFKADO Siap Perkuat Citra Karate Religius

0

 



Bogor, Pakuan Pos - Sesudah resmi dikukuhkan menjadi cabang khusus di Perguruan Indonesia Karatedo (INKADO), Al-Fatah Karatedo (AFKADO) menyatakan siap untuk memperkuat citra karate yang religius dan mengedepankan sikap persaudaraan di kalangan muslim (Ukhuwah Islamiyah), khususnya karateka yang tergabung di Jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, kami bersyukur kepada Allah karena upaya kami saat ini telah mencapai titik awal keberhasilan AFKADO yaitu terdaftar secara resmi sebagai Cabang Khusus (INKADO) dan lebih leluasa dalam pergerakan di bidang beladiri karate," ujar Ketua PB AFKADO Nurul Kamarullah dalam siaran tertulisnya kepada media pada Ahad (28 Juli 2024) di Pasirangin, Bogor.

Menurut Nurul, ini adalah awal yang baik untuk AFKADO melesat maju membawa para santri Al-Fatah meraih prestasi olahraga beladiri Karate namun tetap menjaga nilai-nilai relijius Islam.

"Insya Allah, AFKADO akan menjadi sebuah wadah khusus umat Islam pegiat karate untuk mendapatkan nilai-nilai luhur Islam yang mengedepankan persaudaraan namun tetap mempersiapkan kekuatan fisik dan mental sebagai karateka, disamping jiwa sportifitas dalam kompetisi," tegas Nurul.

Selain itu, Nurul menegaskan AFKADO juga akan memperjuangkan agar tidak terjadi diskriminasi terhadap atlit Muslimah yang ingin bertanding tanpa melepaskan hijabnya.

"Kita lihat bagaimana aturan _World Karate Federation_ (WKF) termasuk di Olimpiade Paris ini masih diskrimiatif bagi muslimah berhijab yang akan ikut bertanding, ini tentu butuh perjuangan yang tidak mudah untuk mengubahnya," ungkap Nurul.

Dirinya juga mengatakan, AFKADO saat ini sudah memiliki hampir ribuan anggota karateka yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia khususnya di jaringan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah.

"Kita juga memiliki kohai (Siswa Karateka) selain dari Ponpes Al-Fatah, yang bersedia bergabung dengan AFKADO secara sukarela karena dorongan semangat persaudaraan Islam tadi," terang Nurul.

AFKADO adalah sebuah organisasi olahraga beladiri karate yang merupakan Cabang Khusus dari Perguruan INKADO. Anggotanya utamanya adalah para karateka santri dalam jaringan Ponpes Al-Fatah di seluruh Indonesia.

"Seluruh Dojo Karate di Ponpes Al-Fatah manapun, wajib masuk dalam koordinasi AFKADO sesuai amanat Imaam KH Yakhsyallah Mansur," tegas Nurul. (IS)



Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top