Curug Cikawah Miliki Keunikan Tersendiri

0


Pakuan Pos - Curug Cikawah yang air terjunnya panas/ hangat  berada di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Curug Cikawah berada di kaki Gunung Salak. Keunikan dari curug ini terdapat dua aliran sungai yang berbeda. Di sebelah kiri, airnya terasa  dingin dan sangat jernih sehingga dapat dikonsumsi. Sedangkan di sebelah kanan, airnya hangat dan bercampur sulfur yang merupakan aliran Curug Cikawah yang nantinya menjadi satu muara

Curug Cikawah Bogor ini memiliki ketinggian mencapai 45 meter dengan kedalaman hampir 2 meter. Asal mula penamaan Cikawah ialah curug ini kelilingi oleh kawah-kawah kecil yang masih aktif. Selain itu air yang jatuh dari curug ini terasa dingin, namun setelah mengalir kebawahnya akan terasa panas karena melintasi kawah. Hal tersebut juga menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

Untuk mengakses menuju curug cikawah tidaklah mudah. Pasalnya, para pengunjung harus melewati  pesawahan milik warga, menapaki jalan setapak demi setapak diantara pematang sawah, memasuki hutan dengan akses jalan sempit yang basah dan licin. Setelah itu, menyusuri sebuah sungai dengan bebatuan yang cukup besar. Jika sudah melihat kepulan asap dari jauh, tandanya Curug Cikawah sudah semakin dekat. Perjalanan yang cukup terjal dan melelahkan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang sangat eksotis. Sejauh mata memandang akan terlihat pemandangan tumpukan batu, hijaunya barisan pepohonan, kepulan asap belerang,  dan sejuknya udara yang memasuki rongga kulit.

Jarak dari parkiran menuju Curug nya cukup jauh dan memakan banyak waktu sekitar 2,5 s/d 3 jam waktu tempuh. Menyusuri sungai-sungai yang menjadi alirannya diawali dengan jalan setapak diantara sawah-sawah milik warga, dilanjut dengan hutan yang rindang dan beberapa aliran sungai. Setelah menemukan Curug Gleweran kita akan menemui anak tangga yang cukup curam terbuat dari kayu dan bambu guna menghubungkan dengan Curug Cikawah.

Untuk memasuki tempat wisata, pengunjung dikenakan harga Tiket Masuk (HTM) Curug Cikawah Rp 10.000 per orang plus tarif parkir Rp 5.000. Fasilitas yang ada disekitar Curug Cikawah tidak ada fasilitas apa-apa. Semua fasilitas yang seperti toilet, warung-warung makanan, dan mushola keberadaannya tak jauh dari area parkir. Untuk membantu memudahkan pencarian, Curug Cikawah ini sedah ditandai dalam Google Maps.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top