Manado, Pakuan Pos – 10 Januari 2022  Bertolak dari Tolitoli pada 7 Januari 2022, tim Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) melanjutkan ekspedisi ke Manado.

Ibu kota Sulawesi Utara itu menandakan bahwa tim JKW-PWI sudah menjelajah di 20 provinsi sehingga menyisakan 14 provinsi lain untuk dieksplorasi.

Tim yang terdiri dari Sonny Wibisono, Indrawan Ibonk, Yanni Krishnayanni dan Aji Tunang Pratama menempuh jarak 779 Km darii Tolitoli ke Manado.

Waktu tempuh yang dibutuhkan 17 jam 30 menit, sehingga tim sempat bermalam di Buol di Sulawesi Tengah dan Lolak di Sulawesi Utara sebelum memasuki kota Manado pada Minggu 9 Januari 2022.

Sepanjang perjalanan, tim JKW-PWI kembali dimanjakan panorama Sulawesi yang begitu indah sehingga keempat wartawan bikers sempat berkali-kali berhenti untuk mengabadikan keindahan alam tanah Celebes.

Setiba di Manado, tim JKW-PWI langsung menuju dealer Kawasaki Manado, Istana Berkat Gemilang, untuk pengecekan kondisi motor dan melakukan penggantian oli mesin serta beberapa spare part seperti kanvas rem, handle rem dan kopling, rantai dan gear set, serta ban luar untuk KLX 230.

Indrawan Ibonk menyatakan kepuasannya terhadap layanan yang diberikan Istana Berkat Gemilang selaku dealer resmi yang menjadi rekanan Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

“Sambil menunggu pengerjaan unit motor, kami diberikan fasilitas penginapan yang terletak di samping dealer Kawasaki, Heine Hotel. Sehingga setiap saat tim bisa mengecek progress pengerjaan motor di bengkel,” ungkap Ibonk.

Direktur Istana Berkat Gemilang, Ivan, menyatakan, pihaknya akan memaksimalkan layanan terhadap semua kebutuhan tim JKW-PWI selama di Manado.

“Sampaikan saja semua yang perlu dikerjakan kepada montir kami, pak. Kami berikan yang terbaik untuk tim Jelajah Kebangsaan Wartawan,” ujar Ivan.

Syaiful Aufat, salah seorang mekanik di bengkel Kawasaki, menjelaskan, sebetulnya hari Minggu adalah hari libur buat semua pegawai bengkel.

“Tapi karena ada tim eksepedisi wartawan dari Jakarta yang mau lakukan pengecekan motornya, maka kami siapkan waktu khusus untuk memenuhi kebutuhan tim Jelajah Kebangsaan,” ujar Syaiful.

Ekspedisi tim JKW-PWI dilepas langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari, dari Gedung Dewan Pers, Jakarta, pada 28 Oktober 2021.

Tim JKW-PWI berencana melintasi 34 provinsi, 15 pulau dan mendaki 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Penjelajahan bersejarah empat jurnalis, termasuk seorang wartawati, ini mengampanyekan gerakan cinta Tanah Air melalui komunikasi dengan setiap anggota masyarakat yang ditemui selama perjalanan.
Dari sisi kepariwisataan, JKW-PWI bisa membantu pemerintah dalam membangun kembali dunia pariwisata nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI), ban Kingland, Continmoto Jakarta, Trooper Custom Helmet, Artha Graha Peduli, Djarum Foundation, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. (PR/red)