Di balik rasanya yang manis dan lezat, ada banyak manfaat buah naga merah untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit kanker. Berkat kandungan antioksidan, serat, vitamin, dan mineral di dalamnya, buah yang kulitnya menyerupai sisik ini juga memiliki segudang manfaat lain.

Pakuan Pos – Buah naga merah banyak disukai karena memiliki rasa yang manis, kandungan air yang tinggi, serta tekstur yang lembut. Karakteristik inilah yang membuat buah naga merah kerap diolah menjadi beragam makanan penutup, seperti smoothies, jus, atau es buah.

12 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Selain memanjakan lidah, ada banyak manfaat buah naga merah bagi kesehatan. Buah ini baik untuk mengatasi sembelit, bahkan diketahui bisa mencegah penyakit jantung dan kanker.

Kandungan Nutrisi Buah Naga Merah
Dalam 1 buah naga merah dengan berat sekitar 300 gram, terkandung 213 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

10 gram serat
5 gram protein
39 miligram kalsium
42 miligram fosfor
1,2 miligram zat besi
384 miligram kalium
3 miligram vitamin C
Buah naga merah juga mengandung vitamin dan mineral penting, serta senyawa alami lainnya yang berperan sebagai antioksidan, seperti likopen, betalain, karoten, dan polifenol.

Manfaat Buah Naga Merah

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada banyak manfaat buah naga merah untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah naga merah:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit
Buah naga tinggi akan serat dan prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Nutrisi-nutrisi ini diketahui dapat memperlancar buang air besar, sehingga mencegah dan mengatasi sembelit.

2. Mencegah anemia
Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui bisa menjadi salah satu cara mencegah anemia. Manfaat buah naga merah ini diperoleh dari kandungan vitamin C pada buah naga merah yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi. Zat besi sendiri merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah.

Namun, untuk mengoptimalkan upaya pencegahan anemia, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Beberapa contoh makanan kaya akan zat besi adalah daging merah, kacang merah, atau kacang almond.

3. Mencegah penuaan dini
Tingginya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah naga merah juga dapat mengurangi noda hitam dan garis halus yang sering dikaitkan dengan penuaan dini. Antioksidan dan vitamin C akan memperbaiki sel tubuh yang rusak, termasuk sel kulit, sehingga membuat Anda tampak awet muda.

4. Menjaga berat badan ideal
Tak hanya kaya akan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, buah naga merah juga tergolong buah yang rendah kalori. Hal ini membuat buah naga merah cocok untuk dijadikan camilan sehat guna membantu menjaga berat badan ideal.

5. Mengontrol gula darah
Manfaat buah naga merah dalam mengontrol kadar gula darah ini bisa diperoleh dari kandungan serat dan antioksidan di dalamnya. Buah naga merah bahkan dipercaya dapat memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak, sehingga terjadi peningkatan kadar hormon insulin.

Namun, untuk memastikan takaran dan kemungkinan efek samping konsumsi buah naga merah untuk mengontrol gula darah, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah naga merah secukupnya karena buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi.

6. Menurunkan kolesterol
Kandungan antioksidan dalam daging buah naga merah serta kandungan omega-3 dan omega-9 dalam biji-biji kecil buah naga merah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, buah naga merah yang tidak mengandung kolesterol dan kaya akan serat ini juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Meski demikian, Anda sebaiknya tetap mengonsumsi buah naga merah dalam batas wajar. Hal ini karena penelitian lebih lanjut guna memastikan dosis dan keamanan buah naga merah untuk menurunkan kolesterol masih dibutuhkan.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung
Selain menurunkan kolesterol, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam biji buah naga merah juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Kandungan kalium, likopen, dan karoten dalam buah naga juga berperan dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga merah bermanfaat untuk menurunkan risiko penumpukan plak di pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan bahkan kematian.

Namun sekali lagi, sebaiknya Anda tetap mengonsumsi buah naga merah sewajarnya dan diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

8. Mencegah katarak
Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah menurunkan risiko terjadinya katarak. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga merah. Vitamin C diketahui dapat membantu menghentikan oksidasi lensa mata, yaitu salah satu penyebab mata katarak.

9. Mencegah depresi
Selain kaya akan antioksidan dan serat, buah naga merah juga kaya akan magnesium. Mineral ini berperan dalam mengatur suasana hati. Kadar magnesium yang rendah sering kali dikaitkan dengan risiko terjadinya depresi.

Untuk mencegah depresi, Anda dapat memetik manfaat buat naga merah yang kaya akan magnesium. Selain mencegah depresi, konsumsi cukup magnesium juga dapat menurunkan gejala kecemasan.

10. Mencegah preeklamsia
Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau kadar protein tinggi dalam urine. Untuk menurunkan risiko terjadinya preeklamsia, ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan vitamin B2. Salah satu buah yang mengandung vitamin B2 atau riboflavin adalah buah naga merah.

11. Mencegah penyakit kanker
Buah naga merah mengandung vitamin C dan likopen yang terbukti mampu mengurangi jumlah sel kanker dalam tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan lain, seperti flavonoid, asam fenolik, dan betalain, dalam buah ini juga dapat mencegah penyakit kanker dengan cara melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

12. Menjaga daya tahan tubuh
Buah naga merah kaya akan vitamin C dan senyawa antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta melawan kuman penyebab infeksi. Manfaat buah naga merah ini dapat menghindarkan Anda dari flu, pilek, maupun penyakit infeksi lainnya.

Buah naga merah memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Agar manfaatnya lebih optimal, konsumsi buah naga merah sebaiknya disertai dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi lainnya, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Manfaat buah naga merah bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan yang nikmat, seperti salad buah, jus, smoothies, dan es krim.

Perlu diingat, konsumsi buah naga merah dapat menyebabkan urine atau tinja berubah warna menjadi merah. Namun, jangan khawatir karena hal tersebut normal terjadi dan tidak membahayakan kesehatan.

Meski tergolong jarang, konsumsi buah naga merah dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Gejala reaksi alergi buah naga merah bisa berupa lidah bengkak, gatal-gatal, atau muntah.

Jika Anda ingin memasukkan buah naga merah sebagai makanan diet, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu. Nantinya, dokter akan memberikan saran yang sesuai agar Anda tetap dapat mengambil manfaat buah naga merah ini.

Berbagai sumber